Nourishing People

Apakah minapolitan dan kawasan minapolitan itu?


Mungkin istilah minapolitan sering kita dengar baru-baru ini, meskipun sebenarnya istilah ini sudah popular sejak tahun 2009, sejak Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia begitu gencarnya dengan program minapolitan sampai akhirnya terbit juga peraturan menterinya pada tahun 2010.

Tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita merujuk pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor PER.12/MEN/2010 tentang Minapolitan.

Dalam peraturan tersebut disebutkan, Minapolitan adalah konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan, sedangkan Kawasan Minapolitan adalah suatu bagian wilayah yang mempunyai fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan/atau kegiatan pendukung lainnya.

Berikutnya pastilah kita bertanya-tanya, apakah tujuan pemerintah mendirikan atau menciptakan kawasan minapolitan?

Berdasarkan Pasal 3 peraturan diatas, Minapolitan bertujuan: meningkatkan produksi, produktivitas, dan kualitas produk kelautan dan perikanan; meningkatakan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah ikan yang adil dan merata; dan mengembangkan kawasan minapolitan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dari pembahasan sekilas diatas, dapat kita simpulkan bahwa kawasan minapolitan merupakan kawasan yang terintegrasi, dimana produksi sampai pemasaran berada di satu lokasi dengan sendirinya akan menciptakan pasar mandiri. 


Dan peran kita sebagai masyarakat kita harus mendukung langkah riil pemerintah ini. 
 

0 comments:

Poskan Komentar