Nourishing People

Lele Sangkuriang II Sedang Dikembangkan Oleh Pemerintah

Kabar gembira bagi para pembudidaya lele di Indonesia, karena Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi Jawa Barat sedang mengembangkan ikan lele varietas unggul yang diberi nama Sangkuriang II.

Varietas ini berasal dari kawin silang ikan lele Sangkuruang I, dengan ikan lele yang berasal dari Sungai Nil di Afrika. Pemutakhiran varietas diperlukan untuk menjaga kualitas genetis ikan lele, yang berdampak pada masa pembesaran.

"Pejantan adalah keturunan keenam, sedangkan yang betina keturunan kedua, yang dari Afrika itu," kata M Abduh Nurhidajat, Kepala Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT) di Sukabumi, Jabar, Jumat (3/2/2012).

Bibit dari Afrika, menurut Abduh, dipilih karena ukurannya yang besar, mencapai 7 kilogram. Selain itu, jenis lele generasi awal ini dipilih, karena diharapkan bisa memperbaiki genetis ikan lele dan menghasilkan keturunan berukuran besar.

Inovasi lele Sangkuriang II dikembangkan sejak sekitar setahun lalu. Saat ini, pengembangan tengah memasuki masa uji coba multilokasi. Hasil uji coba di berbagai daerah itu akan menunjukkan rata-rata ukuran Sangkuriang II dan masa pertumbuhan ikan. Berdasarkan perhitungan, ukuran dari Sangkuriang II akan lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

"Selain itu, masa pertumbuhannya akan lebih cepat sekitar 10 persen," lanjut Abduh.

 Disadur dari Kompas.com
  • Lele Sangkuriang II Sedang Dikembangkan Oleh Pemerintah
  • Winarno Anoraga
  • 15 Februari 2012
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar