Nourishing People

Bibit Lele Sangkuriang ada di Pare lho...

Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan yang tidak kenal putus asa, akhirnya pamor lele sangkuriang sedikit-demi sedikit mendapat tempat di hati masyarakat Pare. Suasana sekarang sangat berbeda, maklum daerah kami seakan-akan lambat akan informasi tentang jenis ikan yang satu ini, padahal di dunia yang sudah serba digital ini informasi apapun tinggal “click”. Kebanyakan hanya mendengar namanya saja “lele sangkuriang”, belum terbayang seperti apa jenis ikan lele yang dikembangkan oleh para ahli-ahli kita di BBPBAT Sukabumi dari pendahulunya ini, apakah sama dengan lele dumbo atau berbeda sama sekali.

Para pembudidaya ikan lele di Pare mayoritas “terlalu” mencintai lele dumbo sehingga sulit untuk beralih hati dengan yang lain, tetapi setelah mereka mencoba sendiri bibit lele sangkuriang  mereka baru sadar, ternyata lele sangkuriang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan lele dumbo. Dengan biaya pakan yang sama bisa mendapatkan hasil panen yang lebih banyak ditambah dengan waktu panen yang lebih cepat. Hal ini sangat menggembirakan karena para pembudidaya ikan lele bisa mendapatkan jenis ikan baru yang lebih baik sehingga dapat mengurangi cost produksi dan tentu saja menambah margin keuntungan.

Kita tentu saja harus berterima kasih kepada para putra bangsa di bawah BBPBAT Sukabumi yang telah bekerja keras demi mengembangkan ikan yang berkualitas ini. Mereka tidak berhenti di sini saja, bahkan saat ini sedang menyiapkan ikan lele jenis baru lagi yang bernama “lele sangkuriang 2”. Kepada BBPBAT Sukabumi kami ucapkan terima kasih banyak.
 

0 comments:

Poskan Komentar