Nourishing People

Daun Meniran dan bawang putih tangkal penyakit MAS pada ikan lele


Siapakah yang tidak mengetahui bawang putih dan daun meniran dapat berfungsi sebagai penangkal penyakit?. Ya, kedua tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur itu terbukti berfungsi mencegah dan mengobati sejumlah penyakit. Dalam perkembangannya, diketahui bahwa ternyata kedua tanaman itu tidak hanya bisa dijadikan obat yang berkhasiat bagi manusia tapi juga hewan, salah satunya ikan. Sedangkan penyakit yang utama menyerang ikan dan menjadi momok para petani ikan adalah penyakit MAS atau singkatan dari Motile Aeromonas Septicemea atau juga dikenal sebagai penyakit bercak merah (borok). 

Menurut Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Dinamella Wahjuningrum, daun dari tanaman meniran dan bawang putih bisa digunakan untuk mengobati penyakit Aeromonas hydrophila pada ikan lele (Clarias sp). Dalam bawang putih mengandung zat allicin yang mampu secara efektif membunuh kuman atau bakteri. Juga mengandung sativin yang berfungsi mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan.

Sementara, lanjut Dinamella, daun meniran sudah sejak lama diketahui sebagai obat tradisional. Meniran mengandung senyawa kimia golongan lignan, flavonoid, alkaloid triterpenoid,dan senyawa kimia lain. Meniran termasuk jenis gulma yang tumbuh liar di tempat terbuka, tanah lembab, dan berbatu. “Tanaman meniran mudah ditemukan juga karena hampir tersebar di seluruh Indonesia pada ketinggian sampai 1.000 meter di atas permukaan laut,” ujarnya. Ia menambahkan, senyawa kimia yang termasuk dalam golongan lignan yaitu filantin dan hipofilantin memiliki efek anti hepatotoksik, antiinfeksi, dan antivirus.

Dalam penelitiannya, Dinamella mencampurkan tepung daun meniran dan bawang putih dengan perbandingan tertentu dalam pakan ikan. Pencampurannya dengan metode repelleting (pellet). Teknis pembuatan obat dari tepung daun meniran dan bawang putih, Dinamella menyebutkan cukup mudah.

Disadur dari Majalah TROBOS edisi Agustus 2011, dengan penyesuaian.

  • Daun Meniran dan bawang putih tangkal penyakit MAS pada ikan lele
  • Winarno Anoraga
  • 5 Maret 2012
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar