Nourishing People

Penyebaran Ikan Lele

Ikan lele banyak ditemukan di Benua Afrika dan Asia Tenggara. Komoditas perikanan ini terdapat di perairan umum yang berair tawar. Penyebaran lele di Asia, yaitu negara Indonesia, Thailand, Filipina, dan Cina. Ikan lele di beberapa negara, khususnya di Asia telah diternakkan dan dipelihara di kolam, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Filipina, Kamboja, Birma, dan India. Ikan Lele di Indonesia secara alami ditemukan di Kepulauan Sunda Besar maupun Kepulauan Sunda Kecil.

Penyebutan nama ikan lele diberbagai negara berbeda-beda. Ikan lele ada yang dikenal dengan sebutan keli (Malaysia), plamond (Thailand), ca tre trang (Jepang), mali (Afrika), gura magura (Sri Lanka), dan catfish (Inggris). di berbagai daerah di Indonesia, lele disebut ikan keli atau keling (Makasar/Sulawesi), ikan lele (Pulau Jawa), ikan pintet (Kalimantan), atau ikan kalang (Sumatra). Sementara itu, nama ikan lele dalam perdagangan internasional dikenal dengan sebutan catfish. Disebut catfish karena ikan ini mempunyai kumis seperti kucing (dalam bahasa inggris cat=kucing). Sebenarnya nama catfish ini tidak hanya berlaku untuk ikan lele saja, tetapi berlaku juga bagi ikan jenis lain yang juga berkumis, antara lain ikan patin dan baung.

Sumber:
Mahyuddin, Kholish,"Panduan Lengkap Agribisnis Lele", Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.
 

2 comments:

  1. catfish itu ikan lele tah? *gubrak, baru tau..*
    ntar kalau nemu catfish pengen moto deh, sama gak ma ikan lele :D
    kalau ikan patin dan baung itu yg seperti apa ya? jd pengen tau juga nih...

    * Maaf, request lagu anaknya belum bisa dipenuhi, ntar nanya2 Google dulu :)

    makasih.

    BalasHapus
  2. @mbak Narti: pokoknya yang punya sungut biasanya orang2 bule sebutnya catfish, klo patin n baung sma juga jenis ikan bersungut hehehe.
    iya requesnya diusahain mbak heheh, makasih kembali.

    BalasHapus