Nourishing People

Peningkatan Imunostimultan Benih Lele dengan Lidah Buaya

Adalah Yonna Destriana seorang mahasiswa dari Universitas Padjajaran yang melakukan penelitian dengan judul, “Uji Efektivitas Lidah Buaya (Aloe vera) Melalui Pakan Komersil Sebagai Imunostimulan Pada Benih Lele Dumbo (Clarias gariepinus) Terhadap Infeksi Bakteri Aeromonas hydrophila”. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober 2010 sampai dengan Desember 2010 di Laboratorium Kesehatan Ikan Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi paling efektif dari larutan lidah buaya (Aloe vera) melalui pakan komersil sebagai imunostimulan pada benih lele dumbo (Clarias gariepinus) untuk mencegah serangan bakteri Aeromonas hydrophila sehingga memberikan tingkat kelangsungan hidup (SR) yang tinggi. 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan tersebut adalah A (kontrol), B (300ml/kg pakan), C (600 ml/kg pakan), D (900 ml/kg pakan), dan E (1200 ml/kg pakan). 

Parameter yang diamati adalah Gejala klinis, tingkat kelangsungan hidup, diferensiasi jenis leukosit, kadar, hematokrit, indeks fagosit dan kualitas air. Analisis data tingkat kelangsungan hidup ikan uji setelah uji tantang dilakukan dengan menggunakan uji F dengan taraf kepercayaan 95%. Gejala klinis, diferensiasi jenis leukosit, kadat hematokrit, indeks fagosit dan kualitas air di analisis secara deskriptif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lidah buaya (Aloe vera) melalui pakan komersil sebagai imunostimulan pada benih lele dumbo (Clarias gariepinus) untuk mencegah serangan bakteri Aeromonas hydrophila selama 30 hari dengan dosis lidah buaya (Aloe vera) 300 ml/kg pakan memberikan kelangsungan hidup tertinggi yaitu 57,78 % 

Sumber: http://fpik.unpad.ac.id/archives/1121/
  • Peningkatan Imunostimultan Benih Lele dengan Lidah Buaya
  • Winarno Anoraga
  • 1 April 2012
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar