Nourishing People

Syarat Lokasi Ternak Ikan Lele

Berikut ini beberapa syarat lokasi ternak lele yang harus diperhatikan:

  1. Memperhatikan jenis tanah. Tanah yag baik untuk pembuatan kolam lele adalah tanah yang berjenis lempung atau tanah liat. Tanah tersebut harus mengandung lumpur, tidak berporous, dan memiliki kesuburan yang baik. Contoh lokasi yang cocok untuk ternak lele adalah persawahan, pekarangan rumah, kebun atau di tempat lain yang tanahnya dapat memenuhi syarat lokasi ternak lele.
  2. Berdekatan dengan sumber air. Lokasi ternak lele yang efisien sebaiknya berdekatan dengan sumber air. Elevasi tanah antara permukaan lolam dan sumber air adalah 5-10 %.
  3. Lokasi budidaya lele sebaiknya jauh dari jalan raya. 
  4. Tempatyang teduh sangat baik untuk ikan lele, namun jangan menempatkan kolam lele dibawah pepohonan yang daunnya mudah berguguran. 
  5. Hindari lokasi ternak  lele yang rawan banjir
  6. Perhatikan suhu. Suhu yang baik untuk ikan lele adalah 20 derajat Celcius. Suhu optimal  untuk lele antara 25-28 derajat Celcius. Untuk pertumbuhan larva lele, suhu yang diperlukan adalah 26-30 derajat Celcius dan suhu yang baik untuk proses pemijahan adlah 24-28 derajat Celcius.
  7. Lokasi yang memiliki kondisi air yang agak tenang dan memiliki kedalaman yang cukup juga merupakan salah satu persyaratan kolam lele yang harus diperhatikan.
  8. pH air yan baik untuk lele adlaah 6,5-9.
  9. Tingkat kekeruhan (turbidity) untuk kolam lele adalah 30-60 cm, kekeruhan yang dimaksud bukanlah kekeruhan lumpur.
  10. Kebutuhan oksigen optimal ikan lele adalah 0,3 ppm untuk lele dewasa, serta oksigen tingkat jenuh untuk lele ukuran burayak. Hal ini akan membuat ikan lele tetap hidup meskipun dalam kondisi air yang kurang kadar oksigennya. Namun hal ini selama air tidak tercemar oleh zat kimia atau zat yang mematikan lainnya.
  11. Permukaan air kolam juga harus dijaga, jangan sampai ditutupi oleh material-material yang merugikan seperti sampat atau tumbuhan enceng gondok.
Sumber: Muktiani, " Budidaya Lele Sangkuriang dengan Kolam Terpal", Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2011.
  • Syarat Lokasi Ternak Ikan Lele
  • Winarno Anoraga
  • 28 April 2012
  • 5 komentar:
 

5 comments:

  1. Anonim7/19/2012

    pak mau tanya, itu dapet sumber dari buku Muktiani, " Budidaya Lele Sangkuriang dengan Kolam Terpal", Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2011. apakah ada nomor telepon penerbitnya tidak, krn ybs membajak foto kolam lele saya untuk dipakai di cover bukunya, thx

    BalasHapus
  2. apa bapak ada alamat email? nanti saya kirim lewat email nomor penerbitnya (jika ada), karena saya belum lihat bukunya lagi telfonnya ada atau tidak. memang sekilas ssaya lihat bukunya, gambar2nya banyka yang comotan dari internet. trimakasih

    BalasHapus
  3. Anonim7/21/2012

    Ok, minta tolong bantuannya, email saya adriyansultan@gmail.com, terima kasih ya pak

    BalasHapus
  4. oke banget nich untuk infomasinya mengenai pertenakan budidaya ikan lele sangat bermanfaat untuk saya yang sedang mempelajari membudidayakan lele di kampung

    BalasHapus
  5. Terima kasih kunjungannya dan komentarnya...
    hehehe

    BalasHapus