Nourishing People

Usaha Pembenihan Ikan (Lele Sangkuriang)

Usaha pembenihan ikan (produksi benih dan biasanya dilanjutkan dengan pendederan) kini sudah menjadi sub sistem usaha tersendiri di bidang budidaya perikanan budidaya. Usaha pembenihan ini banyak diminati karena tingkat perputaran dananya relatif cepat dibandingkan dengan sub usaha lain seperti usaha pembesaran ataupun sub usaha penyediaan sarana dan prasarana perikanan (peralatan dan pakan). Hal ini bisa terjadi karena usaha pembenihan berlangsung dalam waktu relatif singkat, yaitu 1-3 bulan saja. Dengan demikian, modal usaha yang ditanam para pelaku usaha pembenihan, akan cepat kembali dan selanjutnya mereka tinggal meraup keuntungan.

Dari usaha pembenihan ini tidak sedikit pula jumlah tenaga kerja yang terserap, yang pada akhirnya memberikan peluang pada percepatan perkembangan industri budidaya perikanan budidaya secara menyeluruh.

Dalam kegiatan budidaya perikanan, kegiatan pembenihan merupakan kegiatan pokok dan boleh dikatakan kegiatan kunci keberhasilan dari kegiatan lainnya. Tanpa kegiatan pembenihan, kegiatan yang lainnya tidak akan dapat berjalan.

Usaha pembenihan ada yang berdiri sendiri, yaitu pola usaha yang ditujukan semata-mata untuk menghasilkan benih ikan. Selain itu banyak juga usaha pembenihan yang selain dibarengi usaha pendederan, juga sekaligus usaha pembesaran. Pola usaha yang demikian biasa disebut sebagai usaha terpadu dalam rangka menghasilkan ikan sampai ukuran konsumsi.

Sumber: Amri, Khairul, Toguan Sihombing,"Mengenal dan Menendalikan Predator Benih Ikan", Jakarta: Gramedia, 2007.
 

0 comments:

Poskan Komentar