Nourishing People

Bangunan Unit Pembenihan Lele

Sebagai langkah konkrit untuk menerapkan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB), salah satu kuncinya adalah dengan membuat perencanaan pembangunan fasilitas yang baik. Fasilitas bangunan tersebut sekurang-kurangnya terdiri dari: 
  1. Ruang laboratorium. Ruang laboratorium pada unit pembenihan ikan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengukuran kualitas air dan untuk pengamatan biologi. Keberadaannya harus terpisah dengan ruangan lain serta terjaga kebersihannya.
  2. Ruang mesin. Ruang mesin (pompa, genset dan blower) pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk melindungi peralatan-peralatan dari pengaruh negatif udara pantai (sifat korosif), serta melindungi dari tindakan orang yang tidak bertanggung jawab. Ruang tersebut dibuat secara terpisah antara satu peralatan mesin dengan yang lainnya.
  3. Bangsal panen. Bangsal panen dan pengemasan pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk melakukan kegiatan pemanenan dan pengemasan benih. Bangsal panen harus terpisah dari ruang kegiatan proses produksi serta dijaga kebersihannya.
  4. Tempat penyimpanan pakan. Tempat penyimpanan pakan pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk menjaga agar kualitas pakan tetap baik serta terhindar dari kontaminan. Tempat penyimpanan pakan harus terpisah dengan tempat penyimpanan barang lain seperti obat-obatan, bahan kimia maupun peralatan serta terjaga kebersihannya. Tempat penyimpanan pakan harus tertutup serta terkontrol kondisinya.
  5. Tempat penyimpanan bahan kimia dan obat-obatan. Tempat penyimpanan bahan kimia dan obat-obatan pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk menjaga agar kualitas obat-obatan dan bahan kimia tetap baik, serta menghindari kontaminasi dengan sarana produksi lainnya. Tempat penyimpanan obat-obatan dan bahan kimia harus terpisah dari tempat penyimpanan barang lain, terjaga kebersihannya serta terkontrol kondisinya.
  6. Tempat penyimpanan peralatan. Tempat penyimpanan peralatan pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk menyimpan peralatan agar terjaga kebersihannya. Tempat penyimpanan peralatan harus terpisah dari tempat penyimpanan barang lain seperti obat, bahan kimia dan pakan.
  7. Kantor/ruang administrasi. Kantor/ruang administrasi pada unit pembenihan ikan berfungsi untuk melakukan kegiatan pencatatan administrasi dan penyimpanan dokumen serta transaksi jual beli atau menerima tamu.
Sumber: Dirjen Perikanan Budidaya KKP, "Pedoman Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB)", Jakarta, 2008
 

0 comments:

Poskan Komentar