2334955.txt

Nourishing People

Boyolali, Kawasan Minapolitan Percontohan

Program Minapolitan yang dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.32/MEN/2010 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan, telah menunjukkan hasil positif di masyarakat. Sebagai konsep pembangunan kelautan dan perikanan yang berbasis wilayah guna mendukung keberhasilan pelaksanaan revitalisasi perikanan, Minapolitan telah menjadikan Kabupaten Boyolali sebagai salah satu sentra lele terpadu di tanah air. 

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kawasan Minapolitan percontohan untuk tahun 2011 yang berbasiskan pada komoditas unggulan lele, bersama Kabupaten Bogor dan Gunung Kidul. Kampung lele Boyolali yang terletak di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Sawit merupakan sentra lele terpadu dan menjadi percontohan untuk pengembangan kampung sejenis. Produksi lele di wilayah ini telah mendorong berkembangnya usaha pembenihan hingga pembesaran serta pengolahan beraneka ragam produk olahan berbahan baku ikan lele. Kawasan minapolitan ini telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Boyolali, disamping telah menampung banyak tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat karena kegiatan usaha lele dilakukan dari hulu hingga hilir. Hal inilah yang mendorong terjadinya konversi lahan, dari lahan pertanian menjadi lahan budidaya lele karena budidaya ini memiliki nilai produktivitas lebih tinggi dibanding bertani dan berkebun. 

Dalam mendukung program Minapolitan, KKP melaksanakan kegiatan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi, menumbuhkan wirausaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di pedesaan. Khusus PUMP perikanan budidaya, program ini dilaksanakan untuk 300 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Boyolali. Kabupaten ini mendapat kucuran PUMP berbasis perikanan budidaya sebanyak Rp 5 milyar atau 50 paket. KKP juga telah menyalurkan PUMP sebanyak Rp 22 milyar  tidak termasuk Kabupaten Boyolali, meliputi Kabupaten Banyumas, Tegal, Demak, Pati, Cilacap, Pubalingga, Magelang, Brebes, Kota Tegal, Rembang, dan Kota Pekalongan. Dalam upaya percepatan pelaksanaan program Minapolitan di Kabupaten Boyolali, KKP melakukan desiminasi teknologi melalui pengembangan SDM setempat. Pengembangan SDM dilakukan melalui 3 langkah, yaitu peningkatan keterampilan masyarakat pelaku utama perikanan, pengukuhan penyuluh perikanan swadaya yang merupakan mitra dari penyuluh PNS dan instansi penyuluh kabupaten/kota, dan peningkatan pendidikan melalui pemberian bantuan beasiswa kepada anak-anak pelaku utama usaha perikanan.

Sumber: www.kkp.go.id
 

0 comments:

Poskan Komentar