Nourishing People

Kelayakan Fasilitas Mesin/Peralatan di Unit Pembenihan Lele

Kelayakan fasilitas mesin/peralatan kerja yang ada di unit pembenihan ikan, merupakan suatu keharusan dalam rangka menunjang keberhasilan operasional unit pembenihan. Kelayakan fasilitas tersebut antara lain : 

a. Peralatan produksi. 
Peralatan produksi di setiap ruang pemeliharaan harus tersedia dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan. Material peralatan produksi tidak membahayakan/menimbulkan dampak negatif terhadap benih yang dipelihara, terjaga kebersihannya serta mudah dioperasionalkan.

b. Bahan dan peralatan panen. 
Bahan dan peralatan untuk pemanenan dan pengemasan benih harus tersedia dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan. Peralatan panen harus terbuat dari bahan yang tidak membahayakan /menimbulkan dampak negatif terhadap benih yang dipanen, mudah dibersihkan serta mudah didapat.

c. Peralatan mesin
Peralatan mesin harus tersedia dalam jumlah dan daya yang cukup sesuai kebutuhan unit pembenihan. Peralatan mesin harus selalu dirawat secara berkala dan terjaga kebersihannya. Mesin harus diletakkan pada tempat yang tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi benih ikan yang dipelihara.

d. Peralatan laboratorium
Peralatan laboratorium harus tersedia dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan pengamatan minimal unit pembenihan. Peralatan laboratorium harus selalu dirawat dan dikalibrasi secara berkala. Peralatan laboratorium harus diletakkan/disimpan di tempat yang aman dan terhindar dari kontaminasi bakteri pathogen.

Sumber: Dirjen Perikanan Budidaya KKP, "Pedoman Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB)", Jakarta, 2008
  • Kelayakan Fasilitas Mesin/Peralatan di Unit Pembenihan Lele
  • Winarno Anoraga
  • 29 Mei 2012
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar