Nourishing People

Makan Ikan untuk Kesehatan Masyarakat


Warta Pasar Ikan - Pemerintah Australia telah mendorong masyarakatnya untuk lebih banyak mengkonsumsi IKAN (seafood) guna menghindari penyakit mental dan gangguan otak lainnya yang epidemik. Hal ini dilakukan karena adanya himbauan dari otoritas terkemuka dunia yang bergerak dalam bidang ilmu syaraf dan gizi dalam sebuah pertemuan yang diadakan di London baru-baru ini. 

Mereka mengungkapkan bahwa negara-negara barat akan mengalami penderitaan dalam 3 hal yaitu kesehatan yang buruk, sosial dan keuangan, kecuali jika masyarakatnya dapat meningkatkan konsumsi DHA dan asam lemak omega-3 yang paling banyak ditemukan pada ikan. Ted Loveday, Direktur Seafood Services Australia (SSA) menyatakan bahwa Pemerintah Australia harus memperhatikan himbauan tersebut serta dapat mendorong masyarakat untuk dapat lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan (seafood). 

Salah satu tugas SSA adalah untuk membantu masyarakat Australia agar dapat menyadari kontribusi penting ikan dan makanan laut lainnya terhadap kesehatan. Para ilmuwan dalam Konferensi London tersebut ingin menerapkan tradisi konsumsi ikan (seafood) untuk meningkatkan kesehatan. Para ilmuwan mengeluarkan sebuah pernyataan tentang sebuah kebijakan baru yang berkaitan dengan kesehatan, makanan, pertanian, pencemaran pada sumber perairan dan kelautan serta peranan fungsi otak jika dihubungkan dengan konsumsi ikan (seafood). 

Para ahli juga menyebutkan bahwa gangguan pada otak dan penyakit mental akan menjadi dua penyakit kesehatan pada posisi teratas di seluruh dunia pada tahun 2020 dan merupakan ancaman terbesar bagi seluruh manusia saat ini. Profesor Michael Crawford, Direktur Institute of Brain Chemistry and Human Nutrition di Universitas Metropolitan London berkata, “kita perlu melakukan sebuah tindakan mulai dari tingkatan yang paling mendasar untuk menghindari penyakit mental epidemik yang dihadapi masyarakat kita. Masalah ini harus diatasi mulai dari pendidikan tingkat sekolah, gizi ibu dan bayi, makanan, kebijakan perikanan dan pertanian serta penanganan polusi pantai dan sungai”. 

“Kami memperkirakan bahwa masalah kesehatan mental terbesar dan gangguan pada otak yang semakin meningkat dapat diatasi melalui pemberian nutrisi yang cukup dan kami juga mendorong semua pihak untuk bersama-sama menanggulangi masalah ini dengan serius. Permasalahan yang timbul akan sangat berdampak pada masalah keuangan, sosial dan politik”. Profesor Michael Crawford menambahkan bahwa Institute of Brain Chemistry and Human Nutrition telah mengidentifikasi negara miskin dengan tingkat nutrisi rendah pada masa kehamilan ibu yang akan berpengaruh pada berat badan bayi yang rendah pada saat kelahiran. Identifikasi dilakukan ketika anak-anak memasuki usia sekolah. 

Institut ini mengidentifikasi bahwa kekurangan omega-3 menjadi masalah yang global saat ini seperti halnya dengan masalah kekurangan yodium yang dialami sekitar 1,6 miliar orang. Keduanya sama-sama menghambat perkembangan otak. Menurut Loveday, tingkat konsumsi masyarakat Australia terhadap ikan (seafood) relatif rendah sehingga perlu ada upaya agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Manusia seharusnya memiliki tingkat konsumsi yang tinggi terhadap ikan dan makanan laut lainnya. Saat ini kita masih membutuhkan banyak nutrisi yang terdapat pada ikan dan sejenisnya. 

Minyak ikan atau omega-3 merupakan makanan laut yang paling terkenal manfaatnya sementara dalam makanan laut terdapat sejumlah nutrisi yang penting seperti yodium, selenium, seng, tembaga dan besiyang semuanya berperan penting untuk kesehatan manusia terutama untuk kesehatan otak. 

Konferensi ilmiah di Royal Institute of Medicine baru-baru ini menghadirkan narasumber dari SSA. Dalam presentasi yang disampaikan menggarisbawahi bahwa sebagian besar orang kurang mengkonsumsi ikan (seafood) sehingga berakibat kurang baik pada kesehatannya. Setiap orang seharusnya mengkonsumsi ikan atau jenis makanan laut lainnya sedikitnya dua atau tiga kali dalam seminggu dan akan lebih baik lagi jika dapat mengkonsumsi seafood sesering mungkin.

Sumber: www.seafoodservices.com

  • Makan Ikan untuk Kesehatan Masyarakat
  • Winarno Anoraga
  • 2 Mei 2012
  • 2 komentar:
 

2 comments:

  1. Informasi yang bermanfaat sekali, terima kasih untuk artikelnya.

    BalasHapus
  2. terima kasih juga telah mampir gan, semoga bermanfaat

    BalasHapus