Nourishing People

Faktor Penting pada Padat Penebaran Lele


Sistem budidaya secara intensif yang dicirikan dengan tingginya padat penebaran ikan bertujuan untuk meningkatkan produksi sehingga lahan dapat dimanfaatkan secara optimal. Pada usaha budidaya, produksi yang akan diperoleh dapat ditentukan dengan cara mengatur padat penebaran ikan hingga tingkat MSC (Maximum Standing Crop), yaitu kondisi bobot biomassa ikan maksimum yang dapat ditebar dalam suatu kolam yang memungkinkan ikan tersebut masih dapat tumbuh.

Padat penebaran tergantung pada tiga faktor, yaitu kualitas dan kuantitas pakan, jenis kolam serta ukuran ikan. Jika ketersedian pakan tercukupi, hasil yang akan diperoleh akan lebih ditentukan oleh kepadatan ikan (jumlah ikan per satuan luas) dari pada laju pertumbuhan individu ikan, karena hasil panen yang tinggi dapat dicapai dengan meningkatkan kepadatan ikan. Peningkatan padat penebaran dapat dilakukan sampai batas atau tingkat tertentu. Batas tersebut berbeda atau bervariasi tergantung pada species ikan yang dibudidaya, yaitu berdasarkan umur ikan dan ukuran masing-masing individu serta metode atau sistem budidaya yang digunakan. 

Namun semakin tinggi tingkat kepadatan ikan dapat menyebabkan semakin banyak masalah yang akan timbul, seperti serangan penyakit, memburuknya kualitas air, terjadinya kompetisi dalam mengambil pakan yang pada akhirnya akan menimbulkan terjadinya kanibalisme. Selain itu, peningkatan kepadatan ikan akan menyebabkan menurunnya berat rata-rata, efisiensi ikan akan menyebabkan menurunnya berat rata-rata, efisiensi pakan serta kelangsungan hidup ikan.

Faktor yang paling penting yang harus diperhatikan dalam budidaya kepadatan tinggi adalah oksigen, amonia, CO2 dan padatan tersuspensi yang keberadaannya secara langsung dipengaruhi oleh proses metabolisme ikan.

Sumber: Rema Unisa,"Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) dalam Sistem Resirkulasi dengan Debit Air 33 LPM/M3", IPB, 2000.
 

0 comments:

Poskan Komentar