Nourishing People

Makassar Tuan Rumah Indoaqua-FITA 2012


Peran sektor perikanan budidaya sebagai salah satu tulang punggung pendukung pencapaian visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai penghasil produk perikanan terbesar pada tahun 2014 telah menjadi prioritas utama KKP. Terbatasnya potensi SDI tangkap dan tingkat pemanfaatan potensi perikanan budidaya yang baru mencapai 11% menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sebagai misi utama KKP dan untuk bersaing dalam skala global.

Dalam rangka mengemban visi dan misi tersebut, upaya percepatan peningkatan produksi yang berkualitas dan memiliki nilai tambah tinggi melalui Industrialisasi Perikanan Budidaya menjadi pokok arah kebijakan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya-KKP. Selaras dengan hal tersebut, DJPB berkomitmen untuk bekerja bersama dengan Balitbang Kelautan dan Perikanan melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya (P4B) untuk mendorong pengembangan industrialisasi komoditas unggulan perikanan budidaya yaitu udang, rumput laut, patin dan bandeng melalui penerapan IPTEK.

Sebagai salah satu bentuk sinergi dan komitmen bersama, DJPB dan P4B melakukan kegiatan INDOAQUA-FITA 2012 dengan tema “Industrialisasi Perikanan untuk Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Bangsa dengan Dukungan IPTEK dan Sinergi Antar Stakeholders”. Kegiatan ini merupakan penggabungan antara event tahunan DJPB yaitu INDOAQUA dan FORUM INOVASI TEKNOLOGI AKUAKULTUR (FITA) yang merupakan kegiatan tahunan P4B. Penyelenggaraan bersama INDOAQUA-FITA 2012 selain sebagai bentuk peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja kelembagaan, juga diharapkan dapat menjadi akselerator bagi pembangunan perikanan budidaya di Indonesia sekaligus sebagai media komunikasi bagi pelaku perikanan budidaya melalui pengenalan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan teknologi, pameran dan temu bisnis di bidang perikanan budidaya.

INDOAQUA-FITA 2012 akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 8 s.d. 11 Juni 2012, bertempat di Hotel Imperial Aryaduta Makassar, dalam bentuk: Pameran produk-produk dan teknologi perikanan budidaya, seminar Ilmiah inovasi dan teknologi perikanan budidaya, temu bisnis pelaku usaha di bidang perikanan budidaya
 

0 comments:

Poskan Komentar