Nourishing People

Manajemen Produksi Benih Ikan Lele

Manajemen adalah pendayagunaan segala sumber daya yang ada (dimiliki atau outsourching), berupa modal (money), tenaga kerja atau manusia (man), sarana dan prasarana (machine), terknologi atau metode (method), bahan (material) dan pasar (market) yang dapat diberdayakan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Produksi benih ikan adalah seperangkat prosedur dan kegiatan yang terjadi untuk menghasilkan benih ikan, mulai dari: 1) analisa pasar; 2) persiawan wadah, peralatan dan  media pembenihan; 3) pemeliharaan induk; 4) pemijahan; 5) penetapan telur dan pemeliharaan larva; 6) pemeliharaan benih; dan 7) pemanenan benih, sampai akhirnya dipasarkan.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka manajemen produksi benih ikan dapat diartikan sebagai upaya mendayagunakan segala sumber daya yang ada untuk menghasilkan benih ikan yang sesuai dengan permintaan pasar secara efektif dan efisien.

Fungsi manajemen paling tidak meliputi 4 (empat) hal, yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Sehingga manajemen produksi benih ikan dapat diartikan sebagai seperangkat keputusan untuk mendukung produksi benih ikan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Berdasarkan penjelasan tersebut diatas, maka kegiatan produksi apapun termasuk produksi benih ikan sangat memerlukan kegiatan manajemen agar dapat mengarahkan usaha yang dilakukan memperoleh hasil yang diinginkan. Selain itu usaha dibidang produksi benih ikan sifatnya cukup komplek sehingga memerlukan pemikiran yang cermat. Kecermatan mengelola usaha produksi benih ikan perlu dilakukan, mulai dari: 1) manajemen pemasaran benih, 2) manajemen persiapan wadah, peralatan, dan media pembenihan, 3) manajemen pemeliharaan induk, 4) manajemen pemijahan, 5) manajemen penetasan telur dan pemeliharaan larva, dan 6) manajemen pemanenan benih.

Sumber: Karyawan Perangin Angin, Intan Rahima Sary, Maman Sudrajat dan Dardiani,"Mata Diklat Manajemen Produksi", Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
 

0 comments:

Poskan Komentar