Nourishing People

NPWP: Syarat Mendapat Modal Usaha Budidaya Lele

Salah satu kelemahan usaha kecil dan menengah termasuk usaha budidaya ikan lele baik pembenihan dan pembesaran adalah keterbatasan dalam mengakses sumber modal dari perbankan. Padahal justru sektor inilah yang menjadi tumpuan penggerak ekonomi bangsa disamping sektor formal lainnya. Sektor informal menyumbang hampir sekitar 57 persen dari Pendapatan Nasional Bruto (PDB), dan menyerap hampir 97 persen tenaga kerja nasional serta umumnya lebih tahan terhadap dahsyatnya pengaruh buruk ekonomi global. Tetapi hal ini bisa jadi hanya tinggal sejarah karena perbankan saat ini  khususnya bank-bank yang menerapkan prinsip syariah sudah mulai menggarap sektor potensial terbesar di Indonesia ini. Salah satunya adalah budidaya perikanan.

Pihak perbankan dengan berbagai jenis pembiayaannya berusaha memenuhi kebutuhan para pembudidaya ikan lele dengan menyediakan modal investasi dan modal kerja. Modal investasi biasanya lebih dari 1 tahun dan modal kerja dalam jangka waktu kurang dari atau sama dengan 1 tahun. Sebagai persyaratan memperoleh modal ini salah satunya adalah mempunyai/melampirkan NPWP, meskipun persyaratan tiap bank berbeda-beda tetapi syarat ini biasanya menjadi syarat pokok dalam mengajukan pinjaman modal.

NPWP atau singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Untuk memperoleh NPWP, Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada Kantor Pelayanan Pajak, dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan administrasi yang diperlukan. Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (pembudidaya lele skala rumah tangga) yang diperlukan hanya berupa KTP yang masih berlaku. Perlu diketahui masyarakat bahwa untuk pengurusan NPWP tersebut tidak dipungut biaya apapun. Dengan memiliki NPWP Wajip Pajak akan banyak memperoleh manfaat salah satunya adalah memperoleh pinjaman modal.

Sumber: www.pajak.go.id




 

0 comments:

Poskan Komentar