Nourishing People

Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Lele


Pertumbuhan ikan, pada umumnya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi sifat genetik dan kondisi fisiologis ikan, serta faktor eksternal yang berhubungan dengan lingkungan. Faktor-faktor eksternal tersebut diantaranya yaitu, komposisi kimia air dan tanah dasar, temperatur air, bahan buangan metabolik (produk ekskresi), ketersediaan oksigen dan ketersediaan pakan.

Pada kondisi padat penebaran ikan lele yang makin tinggi, maka ketersediaan pakan dan oksigen untuk setiap individu akan semakin berkurang, sedangkan akumulasi bahan buangan metabolik ikan akan makin tinggi. Sebaliknya, jika padat penebaran ikan lele rendah, maka ketersediaan pakan dan oksigen akan semakin banyak, sedangkan akumulasi bahan buangan metabolik ikan akan semakin rendah.

Dilain pihak, peningkatan kepadatan ikan lele tanpa disertai dengan peningkatan jumlah pakan yang diberikan akan menyebabkan penurunan laju pertumbuhan ikan dan jika telah sampai pada batas carrying capasity maka pertumbuhannya akan terhenti sama sekali.

Dan pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara budidaya ikan lele pada padat penebaran tinggi tanpa mengurangi laju pertumbuhan ikan?

Disadur dari: Rema Unisa,"Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) dalam Sistem Resirkulasi dengan Debit Air 33 LPM/M3", IPB, 2000. 
  • Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Lele
  • Winarno Anoraga
  • 26 Juni 2012
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar