Nourishing People

Arti Penting Suhu Air bagi Ikan Lele


Suhu air mempunyai arti penting bagi organisme perairan diantaranya karena berpengaruh terhadap laju metabolisme dan pertumbuhan (Brown, 1957).

Kenaikan suhu yang masih dapat ditolerir oleh ikan, akan diikuti dengan kenaikan derajat metabolisme, dan kebutuhan oksigen meningkat pula. Secara teori, tiap kenaikan suhu air sebesar 10 derajat Celcius diatas suhu 13-15 derajat Celcius akan meingkatkan dua kali lebih banyak makanan yang dikonsumsi (Schaperclaus dalam Ghittino dalam Halver, 1972). Turunnya temperatur menyebabkan semua aktivitas organisme hidup terhambat, seperti misalnya ikan karper pada suhu 10 derajat Celsius akan berhenti makan dan mati kaku pada suhu 8 derajat Celcius (Hickling, 1971).

Suhu sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan terutama di daerah tropik, karena akan mempengaruhai nafsu makannya. Hal ini sesuai dengan pendapat Lovell (1977) bahwa temperatur yang rendah menyebabkan konsumsi makanan oleh ikan akan menurun. Demikian pula menurut Suyanto (1982), bila suhu tempat hidup ikan tertalu rendah, di bawah 20 derajat Celcius pertumbuhannya agak terlambat. Menurut Inger dan Chin (1962), Clarias / Ikan lele dapat hidup pada kisaran suhu air 22- 28 derajat Celcius.

Sumber: Dewi, Erna,”Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Lele (Clarias batracus Linn.)”, IPB: 1986.
 

0 comments:

Poskan Komentar