Nourishing People

Mengenal Predator Benih Ikan: Burung Raja Udang

Burung ini dinamakan raja udang, konon karena paruhnya yang merah seperti udang yang dibakar. Raja udang adalah nama umum sejenis burung pemakan ikan dari suku Alcedinidae. Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 90 spesies raja udang, yakni separuh dari kekayaan jenis dunia. Sistematikanya adalah sebagai berikut:


Kingdom
:
Animalia
Filum
:
Cordata
Kelas
:
Aves
Ordo
:
Ciconiiformes
Famili
:
Alcedinidae


Dilihat dari ukurannya, raja udang merupakan burung yang berukuran kecil hingga sedang. Kepala dan paruhnya yang runcing berukuran besar tampak kurang seimbang dengan ukuran tubuhnya yang relatif kecil. Kaki pendek, begitu juga lehernya. Tiga jari yang menghadap ke muka saling melekat sebagian di pangkalnya. Dia alam ditemukan jenis-jenis raja udang yang memiliki memiliki warna cerah, terutama biru berkilau dan cokelat kemerahan, di samping warna putih. Pola warna ini sangat beragam, tergantung jenis/spesiesnya.

Jenis raja udang yang kerap memangsa ikan dan menjadi predator benih ikan adalah raja udang sungai (Alcedo atthis). Sesuai dengan namanya, raja udang jenis ini hidup tak jauh dari air terutama di sungai, kolam maupun danau. Raja udang perairan ini selain memangsa ikan juga memburu kkodok dan serangga.

Sumber: Khairul Amri & Toguan Sihombing,"Mengenal & Mengendalikan Predator Benih Ikan", Jakarta: Gramedia, 2007.
 

0 comments:

Poskan Komentar