Nourishing People

Prospek Pasar Lele

Ikan Lele (dumbo) merupakan salah satu komoditas unggulan air tawar yang penting dalam rangka pemenuhan peningkatan gizi masyarakat. Komoditas perikanan ini mudah dibudidayakan dan harganya terjangkau oleh lapisan masyarakat bawah.

Pasar utama lele adalah warung lesehan dan pecel lele. Kini, waraung kakai lima menyajikan ikan lele sebagai menu utama telah menjamur. Selain di pasar tradisional maupun warung kaki  lima (lesehan), menu ikan lele dalam berbagai variasi juga mudah dijumpai di restoran, supermarket, dan industri olahan. Beberapa menu makanan yang umum dijumpai adalah pecel lele, lele goreng, mangut lele, lele bumbu sambal, atau lele bakar.

Usaha lele dumbo tidak pernah ada matinya. Permintaan lele, baik konsumsi maupun benih, terus meningkat. Bahkan, hingga kini permintaan lele untuk pasar lokal saja belum dapat terpenuhi, khususnya untuk pecel lele dan restoran padang. Permintaan lele konsumsi cukup besar. Untuk pasar Jabodetabek, permintaannya setiap hari tidak kurang dari 75 ton atau 2.2250 ton/bulan dengan nilai perputaran uang sekitar Rp 20 Milyar per bulan.

Pasokan lele Jabodetabek berasal dari berbagai daerah, di antaranya Parung (Bogor) dan Indramayu. Jika produksi lele kurang, pasokan lele didatangkan dari sentra produksi lain, seperti Tulungagung dan Jombang (Jawa Timur) atau sentra lele lainnya yang ada di Sleman dan Kulon Progo (Yogyakarta), Boyolali (Jateng), dan Perbaungan (Sumatera Utara). Sementara itu, permintaan pasar Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 20 ton per hari dan pasar Jawa Timur mencapai 30 ton per hari. Dengan demikian, porspek pasar lele dumbo di masa akan datang memang menjanjikan yang ditandai dengan permintaan dan harga lele tiap tahunnya yang cenderung meningkat.

Selain usaha pembenihan dan pembesaran, usaha lele di bidang pemancingan juga masih sangat berprospek. Tidak hanya itu, produk olahan dari lele dumbo memeilki prospek pasar yang cukup cerah, seperti abon lele dan kerupuk lele.

Sumber: Kholish Mahyuddin, S.Pi. MM,"Panduan Lengkap Agribisnis Lele", Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.

 

0 comments:

Poskan Komentar