Nourishing People

Perencanaan Pemasaran Benih Lele

Pemasaran merupakan aspek yang sangat mendasar dalam mencapai keuntungan suatu usaha. Jika produk yang dihasilkan tidak memiliki ssasaran pasar maka produk tersebut tidak akan terjual. Oleh karena itu, sebelum melakukan usaha seorang pengusaha sebaiknya berpikir dan berorientasi ke aspek pemasaran terlebih dahulu.

Pasar sangat penting untuk kelangsungan kegiatan produksi, jika kemampuan pasar untuk menyerap produksi sangat tinggi maka pengusaha dapat menentukan harga jual produk yang diproduksinya sesuai dengan yang diinginkan. Dengan penentuan harga jual yang tepat maka keuntungan akan mudah diperoleh. Sebaliknya, bila pasar tidak tersedia, maka usaha yang dirintis/dijalankan dapat mengalami kerugian, apalagi produk yang dihasilkan berupa makhluk hidup yang perlu perawatan khusus dan dapat memerlukan biaya yang cukup tinggi bila disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pengusaha di bidang perikanan, khususnya pengusaha benih ikan lele sebelum melangkah ke aspek pemasaran, yaitu: sasaran pemasaran, persaingan, dan strategi pemasaran.

Sumber: Dardiani, Intan Rahma Sary,"Manajemen Pemasaran", Depdiknas, 2010.


 

0 comments:

Poskan Komentar