Nourishing People

Penilaian Lele Sangkuriang BBPBAT Sukabumi dan Udang Windu BBPBAP Jepara

Dalam mengatasi masalah penurunan kualitas ikan Lele dan U. Windu, baik karena faktor lingkungan maupun genetik, berbagai upaya telah dilaksanakan, diantaranya dengan dibentuknya Broodstock Center yang memiliki tugas diantaranya adalah melakukan perbanyakan induk dasar dan induk pokok disamping itu dalam jangka panjang diharapkan terus melakukan perbaikan genetika induk melalui berbagai metode rekayasa genetika di beberapa sentra induk dengan sasaran akhir mendapatkan induk ikan Lele dan U. Windu unggul. Untuk selanjutnya dikembangkan dan didistribusikan ke daerah sentra produksi benih (UPR, HSRT).

Salah satu sentra produksi induk Lele (Clarias gariepinus) untuk wilayah Jawa Barat, Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi (BBPBAT) Sukabumi dan sentra penghasil benur U. Windu (Penaeus monodon) dari BBPBAP Jepara untuk wilayah Perikanan di Indonesia telah melaksanakan kegiatan pemuliaan ikan lele dengan metode hibridisasi dan U. Windu dengan metode domestikasi selanjutnya mengajukan permohonan untuk dilakukan penilaian terhadap jenis ikan lele jenis baru dengan kelas benih sebardan induk U. Windu sebagai induk kelas pokok yang layak untuk dilepas atau didistribusikan ke masyarakat. 

Penilaian Jenis dan/atau Varietas Ikan Lele Sangkuriang 2 dari BBPBAT Sukabumi dan Udang Windu dari BBPBAP Jepara dilaksanakan pada tanggal 11-12 Desember 2012 di Hotel Pangrango 2, Bogor. Penilaian tersebut dihadiri oleh Tim Penilai Jenis dan/atau Varietas Ikan yang diketuai oleh Kepala Pusat Litbang Perikanan Budidaya (Ketua 1) dan Direktur Perbenihan (Ketua 2), serta dihadiri pejabat eselon 2 lingkup DJPB, instansi-instansi terkait dan tim ahli seperti Prof. Komar Sumantadinata, Dr. Atmadja Harjamulia, Ir. Iskandar Ismanaji, Prof. Ketut Sugama, Dr. M. Murdjani, Dr. Andi Parenrengi, Dr. Ratu Siti Aliah.

Hasil dari penilaian tersebut baik untuk Ikan Lele Sangkuriang dari BBPBAT Sukabumi maupun Udang Windu dari BBPBAP Jepara, keduanya dinyatakan Lulus Bersyarat. Untuk ikan hasil perekayasaan BBPBAT Sukabumi akan diberi nama "Ikan Lele Sangkuriang 2" dan untuk udang windu dari BBPBAP Jepara akan diberi nama "Udang Windu Hasil Domestikasi".

Sumber: http://perbenihan-budidaya.kkp.go.id
  • Penilaian Lele Sangkuriang BBPBAT Sukabumi dan Udang Windu BBPBAP Jepara
  • Winarno Anoraga
  • 15 Januari 2013
  • Tidak ada komentar:
 

0 comments:

Poskan Komentar