Nourishing People

BRI, Mitra dan Pembudidaya, Bersatu untuk Maju

Dalam rangka pengembangan industrialisasi perikanan budidaya di daerah Pantura khususnya di Kabupaten Subang, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya bekerjasama dengan Bank BRI mengadakan Sosialisasi Skema Kredit KUR Revitalisasi Tambak Udang Pola Kemitraan di Pamanukan, 17 Januari 2013 lalu.

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jawa Barat, Kepala Divisi Bisnis Program dan Kemitraan, BRI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Para Kepala Cabang BRI di wilayah Pantura, serta pembudidaya udang wilayah Subang.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (Dirjen PB), Dr. Ir. Slamet Subjakto, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaannya, program industrialisasi perikanan budidaya tentunya tidak terlepas dari dukungan investasi dan pembiayaan dan mengingat dukungan pembiayaan dari pemerintah amat terbatas, maka perlu dukungan dari lembaga pembiayaan/perbankan. “Untuk itu pemerintah dalam hal ini Ditjen Perikanan Budidaya telah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan pihak perbankan salah satunya dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI)”, demikian disampaikan oleh Dirjen PB .

BRI siap merealisasikan percepatan penyaluran pembiayaan ke usaha perikanan budidaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perikanan dari hulu ke hilir. Sementara dalam hal mengatasi kendala agunan yang selalu dipersyaratkan oleh lembaga pembiayaan, pemerintah telah menjalin kerjasama dengan mitra dimana kemitraan antara pokdakan dengan mitra ini tidak hanya terbatas pada transfer pengetahuan teknis saja, tetapi juga dari sisi manajemen usaha dan pemasaran, tentunya atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat dan menguntungkan. Selanjutnya kemitraan tersebut perlu dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama antara mitra dengan pembudidaya yang saling menguntungkan dan berkeadilan, serta menghormati hak dan kewajiban masing-masing. (rd)

Sumber: www.djpb.kkp.go.id
 

0 comments:

Poskan Komentar